SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Thursday, March 15, 2018

PENELITIAN PENDIDIKAN BAGI GURU KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS

Salam pendidikan.

Bagi para guru, kepala sekolah, maupun pengawas sekolah dalam melakukan pengembangan profesi perlu melakukan penelitian. Ada berbagai macam jenis penelitian yang dapat dilakukan oleh insan pendidikan. Berbagai penelitian dapat dilaksanakan untuk menunjang pengembangan profesi tersebut.




Para guru dapat melakukan penelitian tindakan kelas. Guru juga dapat meneliti dengan format R&D jika menemukan model, metode atau media bahkan bahan ajar yang baru. Kepala sekolah dapat mengembangkan berbagai perangkat pembelajaran, metode pembelajaran dan hal-hal yang lain sesuai dengan perkembangan pendidikan. Pengawas sekolah juga dapat melakukan berbagai penelitian sesuai dengan kebutuhan. 

Pengertian dari penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan penelitian yang sistematis untuk menemukan jawaban yang sesuai fakta mengenai permasalahan pendidikan atas dasar penalaran yang rasional dan logis, disertai dukungan dari fakta empiris.

Penelitian pendidikan umumnya dilakukan untuk mengembangkan, menemukan dan menguji atas kebenaran dari suatu konsep, prinsip, pengetahuan dan mengenai pendidikan secara umum. Penelitian pendidikan yang baik adalah penelitian yang diperoleh dari data-data, fakta-fakta yang berkaitan dengan kondisi riil di lapangan. Adapun tujuan penelitian pendidikan sebagai berikut:

Untuk bahan masukan, meningkatkan mutu isi, proses serta hasil pembelajaran dan pendidikan di sekolah. 
Untuk membantu tenaga kependidikan seperti guru dan lainnya dalam mengatasi masalah pendidikan dan pembelajaran baik di luar maupun di dalam kelas.
Untuk meningkatkan profesionalisme di dalam dunia pendidikan maupun tenaga kependidikan.
Untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya akademik dalam lingkungan sekolah, sehingga bisa melakukan perbaikan mutu pembelajaran dan pendidikan secara berkelanjutan.
Untuk meningkatkan keterampilan bagi tenaga pengajar khususnya saat melakukan PBT.
Untuk meningkatkan kerja sama yang profesional di antara para pendidik maupun tenaga kependidikan.

Selain itu manfaat dari penelitian pendidikan sendiri yaitu :
Sebagai peta yang dapat mendeskripsikan mengenai keadaan pendidikan serta mendeskripsikan tentang kemampuan sumber daya mengenai kemungkinan hambatan yang bisa dihadapi.
Sebagai sarana diagnosis ketika mencari penyebab suatu kegagalan dan masalah yang di hadapi pada saat pelaksanaan pendidikan agar bisa dicari penyelesaiannya.
Sebagai bahan dasar untuk menyusun suatu kebijakan, termasuk strategi dalam pengembangan pendidikan.
Sebagai masukan yang dapat memberikan gambaran mengenai kemampuan dalam peralatan, pembiayaan, perbekalan dan tenaga kerja yang memiliki peran dalam keberhasilan pendidikan.
Untuk jenis-jenis dari penelitian pendidikan sendiri dibagi menjadi 6 bagian yakni:





Penelitian Deskriptif
Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan suatu kegiatan penelitian yang dilakukan terhadap objek-objek tertentu dengan cara sistematis dan jelas. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mengetahui (how to Know).

Penelitian Eksperimen
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 3 persyaratan yaitu peneliti harus melakukan kegiatan mengontrol, kemudian memanipulasi serta melakukan observasi. Penelitian eksperimen mengedepankan adanya sebuah perlakuan (treatment) untuk menguji efektifitas atau keunggulan sebuah metode, model, atau media pembelajaran.

Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian ini merupakan bentuk penelitian terhadap refleksi diri berdasarkan yang sudah dilakukan partisipan selama ini dalam situasi-situasi sosial (pendidikan) agar bisa memperbaiki praktek yang dilakukannya. Penelitian tindakan kelas yang ideal dapat memperbaiki proses, hasil belajar dan adanya perubahan perilaku pebelajar. 

Penelitian Kualitatif
Metode penelitian ini yang sering kali digunakan untuk melakukan penelitian terhadap kondisi objek alamiah. Hal yang penting dalam penelitian kualitatif adalah fakta-fakta yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian kualitatif adalah peneliti. Peneliti dituntut dapat memaknai data, fakta maupun dokumen menjadi sebuah temuan yang bermakana dan bermanfaat dalam pendidikan.

Penelitian Kuantitatif
Metode penelitian ini yang digunakan untuk meneliti sampel atau populasi tertentu. Penelitian kuantitatif biasanya digunakan untuk membandingkan atau menguji pengaruh suatu suatu kondisi terhadap kondisi yang lain. Ciri utama dari penelitian kuantitatif adalah adanya beberapa variabel yang diteliti.

R & D
Research and Development atau penelitian dan pengembangan ini merupakan strategi yang ampuh untuk memperbaiki praktek. Maksudnya untuk mengembangkan produk baru. Ciri utama penelitian R&D adalah adanya sebuah produk.

Pada hakikatnya penelitian pendidikan merupakan cara untuk memperoleh informasi yang bisa dipertanggungjawabkan sebagai upaya untuk memahami proses kependidikan. 

Terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

PENGUNJUNG