SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Friday, September 15, 2017

SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Bapak Ibu yang terhormat.

Sebelum kita melakukan penelitian tindakan kelas maka terlebih dahulu kita mengetahui sistematika yang benar. Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas adalah sebagai berikut.

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
     Latar belakang masalah berisi tulisan tentang alasan praktis tentang apa yang kita teliti. Bila kita melakukan penelitian tindakan kelas maka masalah yang kita angkat adalah masalah pembelajaran yang ada di kelas kita masing-masing.

B.     Identifikasi Masalah
     Identifikasi masalah berisi tulisan tentang masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran di kelas. Masalah tersebut merupakan penyebab terjadinya kegagalan dalam pembelajaran.

C.    Analisis Masalah
   Analisis masalah berisi tentang masalah-masalah yang timbul dan telah dipaparkan dalam identifikasi masalah. Masalah tersebut dipilih mana yang paling penting untuk segera diselesaikan.

D.    Rumusan Masalah
Perumusan masalah merupakan upaya untuk menyatakan secara tersurat pernyataan-pernyataan yang hendak dicarikan jawabannya. Perumusan masalah merupakan pernyataan yang lengkap dan rinci mengenai ruang lingkup masalah. Rumusan dalam penelitian tindakan kelas idealnya meliputi proses, hasil belajar dan perubahan perilaku siswa.

E.     Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian mengungkapkan sasaran uang akan dicapai dalam penelitian. Isi dannrumusan ntujuan penelitian mengacu pada isi dan rumusan masalah penelitian. 

F.     Manfaat Penelitian
      Manfaat penelitian adalah tulisan tentang pentingnya penelitian dilakukan. Jika penelitian ini               adalah penelitian tindakan kelas maka pihak yang mengambil manfaat adalah siswa guru dan                sekolah. 

BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS

A.    Kajian Teori
Kajian teori memuat teori-teori rujukan yang berkaitan dengan variabel penelitian yang dikemukakan dalam rumusan masalah. Teori yang dikemukakan adalah teori-teori terkini. Idealnya adalah teori 10 tahun terakhir.

B.     Penelitian Yang Relevan
Penelitian yang relevan adalah  penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti terdahulu yang berkaitan dengan variabel masalah yang telah dikemukakan dalam rumusan masalah.

C.    Kerangka Berfikir
Kerangka berfikir berisi tentang bagaimana penulis mengaitkan antara teori dan penelitian terdahulu dengan penelitian yang akan dilakukan. Peneliti mengungkapkan prosedur tentang tindakan yang akan dilakukan.

D.    Hipotesis Tindakan
     Hipotesis adalah dugaan sementara dari peneliti tentang keberhasilan tindakan pada penelitiann tersebut.


BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Jenis Penelitian
   Jenis penelitian diisi dengan jenis penelitian yang diambil dalam mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas.

B.     Setting Penelitian
   Setting penelitian diisi dengan latar tempat dan waktu penelitian.

C.    Teknik Pengumpulan Data
1.      Instrumen Pengamatan
       Diisi dengan instrumen pengamatan

2.      Instrumen Tes
      Diisi dengan instrumen tes yang akan diberikan jika menggunakan penilaian tes. Jika penilaian dilakukan dengan rubrik penilaian, guru harus membuat kriteria penilaian.

D.    Teknik Analisis Data
       Diisi dengan teknik analisis data (lihat sumber referensi)

E.     Prosedur Penelitian
       Tergantung jenis penelitian.

F.     Indikator Keberhasilan
        Tolok ukur keberhasilan penelitian (disesuaikan dengan rumusan masalah)



BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Deskripsi Pra Siklus
Mendeskripsikan prasiklus.

B.     Deskripsi Siklus I
        Mendeskripsikan siklus I

C.    Deskripsi Siklus II
Mendeskripsikan siklus II.

D.    Pembahasan
Pembahasan hasil masing-masing siklus, dan diukur tingkat keberhasilannya. Pembahasan dapat menguatkan teori terdahulu atau merumuskan teori baru.


  BAB V
PENUTUP

A.      Simpulan
     Simpulan berisi tentang tulisan dari simpulan tentang variabel yang kita teliti (sesuai rumusan masalah)

B.       Saran
      Saran berisi masukan kepada para pihak yang berkaitan dengan penelitian ini, Saran harus sejalan dengan manfaat penelitian.




DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka berisi semua literatur yang kita rujuk. Penulisan daftar pustaka lazimnya menurut APA (American Psychological Association)

Terima kasih atas kunjungan anda.

No comments:

Post a Comment

PENGUNJUNG