SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Sunday, August 27, 2017

CARA MENCARI REFERENSI UNTUK KARYA ILMIAH DI INTERNET

Bapak/ibu yang terhormat,



Menulis karya ilmiah membutuhkan literatur pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan. Literatur tersebut bisa berasal dari buku, jurnal, koran, majalah, maupun blog/web yang ditulis oleh para pakar atau akademisi. Tidak semua web atau blog dapat kita jadikan referensi karena ada beberapa blog yang kurang bisa dipertanggungjawabkan kajiannya. Kajian yang paling valid untuk dirujuk adalah kajian dari jurnal, baik jurnal cetak maupun jurnal online.

Dalam menulis karya ilmiah kadang kita terhambat oleh kurangnya referensi yang dapat kita jadikan rujukan. Kurangnya buku cetak yang dapat kita rujuk menjadi hambatan utama. selain buku kajian yang paling valid adalah jurnal. Masih banyak penulis pemula yang belum familiar dengan jurnal. Jurnal-jurnal ber_ISBN masih belum banyak dibaca oleh para penulis. Blog ini mencoba membantu pembaca untuk mengakses informasi yang berkaitan dengan cara mencari referensi yang benar di internet.


Pencarian sebuah referensi untuk sebuah karya ilmiah jangan sampai mengambil co-pas darilaman blog yang kurang dapat dipertanggungjawabkan. Bukan berarti dilarang, namun mengambil dari blog harus melihat siapa yang menuli artikel atau postingan tersebut. Jika postingan itu ditulis oleh orang ternama yang telah diakui kapasitas keilmuannya boleh saja. Pada prinsipnya kita harus bijak dalam memilih referensi di blog yang kita kunjungi.

Berikut ini adalah kajian dari internet yang dapat dijadikan referensi dalam penulisan karya ilmiah.
Terima kasih atas perhatian anda, semoga bermanfaat.

9 comments:

  1. Pak mohon segera dilengkapi updatannya, suwun

    ReplyDelete
  2. link google book dan jurnal online sudah bisa digunakan, tapi yang portal garudanya kok error dengan kode 504/gateway timeout tu gimana ya?

    ReplyDelete
  3. Yth. Pak Wiji besok dilengkapi dengan alamat jurnal yang bisa diakses yaaa... matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu semua bisa diakses... Tinggal pilih kesesuaian dg yg kita butuhkan...

      Delete

PENGUNJUNG