SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Wednesday, March 14, 2018

BAGAIMANA MEMBUAT PTK UNTUK GURU YANG SISWANYA KURANG?

Salam untuk pendidikan Indonesia lebih baik...


Melakukan pengembangan profesi adalah hal wajib bagi guru. Salah satu unsur pengembangan profesi adalah melakukan penelitian. Penelitian yang biasa dilakukan oleh guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bagi guru yang mempunyai jumlah siswa ideal, atau jumlahnya memenuhi syarat sebagai kelas ideal tidak akan menjadi masalah. Berbeda dengan guru yang mempunyai jumlah siswa yang kurang ideal atau di bawah standar.

Bagi guru-guru mapel agama selain islam di sekolah dasar kadang mempunyai jumlah siswa di bawah standar. Guru tersebut dalam satu kelas ada yang hanya memiliki siswa di bawah 5 atau bahkan hanya satu. Siswa yang beragama selain islam terutama di desa-desa memang jumlahnya hanya sedikit. 

Kondisi demikian tidak menjadi halangan bagi guru untuk melakukan pengembangan profesi. Mereka dapat melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kulaitatif dapat dilakukan dengan meningkatkan motivasi belajar atau perilaku siswa.


Selama ini kita para guru hanya terpaku pada peningkatan hasil belajar pada aspek koqnitif. Aspek psikomotorik dan aspek afektif kurang menjadikan perhatian. Pembelajaran di kelas hendaknya menyeimbangkan capaian pada ketiga ranah tersebut.

Kendala dalam pengembangan profesi melalui penelitian tindakan kelas dapat teratasi dengan melakukan penelitian kualitatif. Banyak jenis penelitian lainya yang dapat diambil dalam melakukan PTK antara lain penelitian kuantitatif, kualitatif dan gabungan (mixed methode).

Terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat...

1 comment:

  1. bagi guru mapel agama selain islam di SD, bisa membuat PTK dengan format berikut .. http://sippro.blogspot.co.id/2018/03/bagaimana-membuat-ptk-untuk-guru-yang.html

    ReplyDelete

PENGUNJUNG