SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Sunday, March 11, 2018

GURU UJUNG TOMBAK PENDIDIKAN KARAKTER

Salam untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Karakter bangsa saat ini mengalami kemerosotan yang luar biasa. Kemerosotan itu meliputi bermacam-macam bidang. Inti dari semua kemerosotan akhlak adalah kejujuran. Kejujuran sudah menjadi barang langka di negeri ini. Kejujuran ini menjadi pemicu dari hampir semua kejahatan. Tanpa kejujuran seseorang pasti akan dengan mudah melakukan penyimpangan.

Penguatan Pendidikan Karakter merupakan amanat dari Perpres Nomor 87 Tahun 2017



Pendidikan karakter telah dimulai sejak tahun pelajaran 2011, pendidikan di Indonesia di semua jenjang wajib menyisipkan pendidikan karakter dalam muatan pembelajarannya. Melalui kebijakan tersebut mejadi jelas apa yang harus dilakukan guru dalam pembelajaran di kelas. Pendidikan karakter harus dimasukkan perencanaan pembelajaran (RPP), dan diimplementasikan dalam pembelajaran.




Guru sebagai pendidik mempunyai tanggungjawab besar untuk memperbaiki kondisi bangsa tersebut. Guru tugas pokok yaitu sebagai pengajar dan pendidik. Mengajar berarti guru harus menanamkan pemahaman konsep pada siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Sedangkan mendidik dapat diartikan sebagai usaha untuk mengantarkan anak didik ke arah kedewasaan secara jasmaniah maupun rohaniah. 

Dalam mengajar maupun mendidik guru memerlukan kompetensi khusus. Mengajar membutuhkan kompetensi profesional, yaitu kompetensi yang mengutamakan penguasaan atas konsep sebuah ilmu yang diajarkan pada siswa. Sedangkan mendidik lebih membutuhkan kompetensi sosial dan kepribadian. 

Sebagai pendidik guru diharapkan menjadi model bagi siswa. Guru harus memberikan contoh tentang perilaku atau karakter yang diharapkan. Dengan mencontoh kebiasaan guru siswa akan terinspirasi dan melakukan hal yang sama. Namun demikian semua bukan hanya tanggung jawab guru, orang tua mempunyai tanggunjawab yang lebih besar terhadap karater anak. Hal ini dikarenakan waktu yang dimiliki anak lebih banyak dihabiskan bersama orang tuanya.




Terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

PENGUNJUNG