SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Wednesday, September 20, 2017

KRITERIA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) YANG BAIK




Selama ini masih banyak guru yang kebingungan dalam melakukan pengembangan profesi. Seiring dengan diberlakukannya Permenpan-RB no 16 Tahun 2009 mewajibkan semua guru untuk memperoleh penghargaan kenaikan pangkat untuk melakukan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Unsur-nsur yang ada dalam PKB adalah, pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. 


Dalam tulisan ini akan difokuskan bagaimana menyusun laporan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai salah satu jenis pengembangan profesi yang ada dalam PKB.  Laporan PTK yang baik harus memenuhi kriteria APIK (Asli Perlu Ilmiah dan Konsisten).


Asli artinya penelitian merupakan karya asli penulis bukan plagiat, atau jiplakan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur. Oleh karena itu PTK harus mampu menunjukkan bahwa kegiatan tersebut memang telah dilakukan oleh guru-guru yang bersangkutan. Untuk itu penting melampirkan selengkap mungkin bukti pelaksanaannya.


Perlu artinya permasalahan yang dikaji dalam pengembangan profesi harus mempunyai manfaat. oleh sebab itu kegiatan PTK harus meyakinkan pembaca bahwa kegiatan yang dilakukan benar-benar mempunyai manfaat. Bukan hal yang mengada-ada atau mempermasalahkan sesuatu yang tidak perlu dipermasalahkan, hanya laporan penelitian biasa, bukan penerapan metode pembelajaran yang baru.


Ilmiah artinya penelitian harus berbobot, berisi, dan dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah. Karya Tulis Ilmiah harus benar, baik dari segi teori, fakta maupun analisis yang digunakan.


Konsisten artinya KTI harus disusun sesuai dengan bidang tugas penulis. Jika penulis guru SD seharusnya KTI-nya berkaitan dengan bidang tugas mengajar guru SD. (Supardi, 2011: 16)
loading...


Selain APIK laporan PTK harus melihat untuk apa laporan itu di susun. Ada beberapa keperluan orang menyusun PTK.
  1. Untuk keperluan kuliah, jika PTK dipergunakan untuk kuliah biasanya petunjuk penulisannya telah ditentukan oleh perguruan tinggi masing-masing. Yang tidak kalah pentingnya adalah perhatikan petunjuk dari masing-masing dosen pembimbing.
  2. Untuk keperluan PAK, jika PTK digunakan untuk Pengembangan profesi harus memenuhi kriteria APIK dan memenuhi kaidah selingkung LPMP atau perguruan tinggi setempat.
  3. Untuk keperluan lomba, Jika makalah atau laporan PTK diperuntukkan mengikuti lomba syarat yang harus dipenuhi pertama kali adalah inovatif. Peserta lomba harus membaca dengan cermat petunjuk teknis lomba tersebut. Yang tidak kalah pentingnya peserta harus mempunyai sedikit gambaran siapa yang akan menilai PTK kita. Hal ini dikarenakan masing-masing juri mempunyaiselera yang berbeda-beda dan mereka punya kekuasaan mutlak untuk menilai.
Khusus untuk persyaratan PAK laporan PTK harus di publikasikan pada lingkup KKG atau MGMP. Guru juga mempunyai kewajiban untuk menyimpannya di perpustakaan sekolah dengan bukti surat keterangan dari kepala perpustakaan. 

Daftar Pustaka

Supardi, Suhardjono. 2011. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi Offset

No comments:

Post a Comment

PENGUNJUNG