SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Friday, September 15, 2017

CARA MEMUBLIKASIKAN BUKU DAN MEMPEROLEH ISBN



Bapak/ibu yang terhormat

Publikasi ilmiah buku adalah salah satu unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru. Buku yang dapat diakui angka kreditnya adalah buku pelajaran atau buku penunjang yang berkaitan dengan pendidikan yang diterbitkan oleh penerbit yang ber-ISBN.

International Standard Book Number, atau ISBN (arti harfiah Bahasa Indonesia: Angka Standar Buku Internasional), adalah pengindentikasi unik untuk buku-buku yang digunakan secara komersial. Sistem ISBN diciptakan di Britania Raya pada tahun 1966 oleh seorang pedagang buku dan alat-alat tulis W H Smith dan mulanya disebut Standard Book Numbering atau SBN (digunakan hingga tahun 1974). Sistem ini diadopsi sebagai standar internasional ISO 2108 tahun 1970. Pengidentikasi serupa, International Standard Serial Number (ISSN), digunakan untuk publikasi periodik seperti majalah.

ISBN diperuntukkan bagi penerbitan buku. Nomor ISBN tidak bisa dipergunakan secara sembarangan, diatur oleh sebuah lembaga internasional yang berkedudukan di Berlin, Jerman. Untuk memperolehnya bisa menghubungi perwakilan lembaga ISBN di tiap negara yang telah ditunjuk oleh lembaga internasional ISBN. Perwakilan lembaga internasional ISBN di Indonesia adalah Perpustakaan Nasional RI sejak ditunjuknya lembaga tersebut menjadi badan nasional ISBN untuk wilayah negara kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1986. Kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/MoU) antara Internasional ISBN Agency dengan Perpustakaan Nasional RI untuk urusan ISBN ditandatangani pada tanggal 31 Maret 2005.

Bagaimana cara menerbitkan buku yang ber-ISBN? Untuk menerbitkan buku hasil karya kita terlebih dulu kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut. 

1. Tulislah draf buku sebagai pemikiran asli (original thinking) kita.
2. Lakukan penyuntingan atau editing seperlunya.
3. Kirimkan draf tersebut kepada penerbit.
4. Penerbit akan melakukan editing terhadap karya kita seperlunya.
5. Penerbit melakukan konfirmasi terhadap hasil editing termasuk desain cover.
6. Penerbit mendaftarkan tulisan kita pada perpustakaan nasional untuk memperoleh ISBN.
7. Setelah memperoleh ISBN buku hasil karya kita siap di cetak.

Demikian terima kasih atas kunjungan anda.

No comments:

Post a Comment

PENGUNJUNG