SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Thursday, September 07, 2017

Mengapa Laporan PTK Ditolak oleh Tim Penilai Angka Kredit?



Dalam mengajukan laporan PTK untuk dinilaikan pada tim penilai sering diantara kita merasa kecewa jika ditolak. Tim penilai menolak tentunya mempunyai berbagai alasan. Alasan tersebut bukan alasan yang dibuat-buat namun ada pedoman untuk melakukan penilaian dan menolak jika memang tidak memenuhi persyaratan. Banyak diantara kita yang marah dengan dalih yang bermacam-macam jika laporan PTK-nya di tolak. Bahkan mereka mengatakan "PTK sudah disyahkan oleh kepala Dinas kok masih ditolak". Anggapan tersebut tidak benar, PTK disyahkan oleh kepala dinas itu sebagai salah satu syarat agar bisa dinilai. PTK tidak dapat dinilaikan oleh Tim penilai jika belum mendapatkan pengesahan dari kepala dinas.

Salah satu unsur Pengembangan Keprofesia Berkelanjutan (PKB) yang dilaksanakan untuk memenuhi angka kredit bagi guru adalah pengajuan PTK. Banyak guru yang mengeluh, mengapa PTK yang diajukan tidak dapat dinilai. sebagian besar dari mereka tidak mengetahui apa alasan PTK tersebut ditolak. 
            Ada beberapa alasan mengapa laporan PTK yang diajukan untuk pengajuan angka kredit ditolak oleh tim penilai. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa PTK ditolah oleh tim penilai angka kredit. 
  1. PTK tidak sesuai dengan TUPOKSI atau bidang tugas guru tersebut. Suatu contoh guru mengajar matematika tapi mengajukan PTK mapel yang lain atau jika anda guru kelas 5 mengajukan PTK di kelas 4.
  2. PTK tidak mengikuti kaidah APIK (Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten).
  3. PTK tidak disusun sesuai dengan sistematika yang benar.
  4. PTK tidak diseminarkan. (lihat Permenpan 16 tahun 2009).
  5. Atau jika telah diseminarkan, seminar belum memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan (baca Buku 4 PKB) 
  6. Mungkin ada sebab lain terkait dengan konten PTK (misalnya PTK milik orang lain digunakan namun editing kurang cermat).
Baca juga:
Kriteria Laporan PTK yang Baik.
Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Hal-hal tersebut di atas kemungkinan besar enjadi penyebab mengapa PTK yang kita ajukan ditolak oleh tim penilai PAK. Oleh sebab itu ketika membuat laporan PTK dan memublikasikannya dalam forum guru kita harus memperhatikan hal-hal tersebut.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

1 comment:

PENGUNJUNG