Bapak Ibu yang terhormat.
Sebelum kita melakukan penelitian tindakan kelas maka terlebih dahulu kita mengetahui sistematika yang benar. Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas adalah sebagai berikut.
BAB II
Terima kasih atas kunjungan anda.
Sebelum kita melakukan penelitian tindakan kelas maka terlebih dahulu kita mengetahui sistematika yang benar. Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas adalah sebagai berikut.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Latar belakang masalah berisi tulisan tentang alasan praktis tentang apa yang kita teliti. Bila kita melakukan penelitian tindakan kelas maka masalah yang kita angkat adalah masalah pembelajaran yang ada di kelas kita masing-masing.
B. Identifikasi
Masalah
Latar belakang masalah berisi tulisan tentang alasan praktis tentang apa yang kita teliti. Bila kita melakukan penelitian tindakan kelas maka masalah yang kita angkat adalah masalah pembelajaran yang ada di kelas kita masing-masing.
Identifikasi masalah berisi tulisan tentang masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran di kelas. Masalah tersebut merupakan penyebab terjadinya kegagalan dalam pembelajaran.
C. Analisis
Masalah
Analisis masalah berisi tentang masalah-masalah yang timbul dan telah dipaparkan dalam identifikasi masalah. Masalah tersebut dipilih mana yang paling penting untuk segera diselesaikan.
Analisis masalah berisi tentang masalah-masalah yang timbul dan telah dipaparkan dalam identifikasi masalah. Masalah tersebut dipilih mana yang paling penting untuk segera diselesaikan.
D. Rumusan
Masalah
Perumusan masalah merupakan upaya untuk menyatakan secara tersurat pernyataan-pernyataan yang hendak dicarikan jawabannya. Perumusan masalah merupakan pernyataan yang lengkap dan rinci mengenai ruang lingkup masalah. Rumusan dalam penelitian tindakan kelas idealnya meliputi proses, hasil belajar dan perubahan perilaku siswa.
E. Tujuan
Penelitian
Tujuan penelitian mengungkapkan sasaran uang akan dicapai dalam penelitian. Isi dannrumusan ntujuan penelitian mengacu pada isi dan rumusan masalah penelitian.
F. Manfaat
Penelitian
Manfaat penelitian adalah tulisan tentang pentingnya penelitian dilakukan. Jika penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas maka pihak yang mengambil manfaat adalah siswa guru dan sekolah.
BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS
A.
Kajian Teori
Kajian teori memuat teori-teori rujukan yang berkaitan dengan variabel penelitian yang dikemukakan dalam rumusan masalah. Teori yang dikemukakan adalah teori-teori terkini. Idealnya adalah teori 10 tahun terakhir.
B.
Penelitian Yang Relevan
Penelitian yang relevan adalah penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti terdahulu yang berkaitan dengan variabel masalah yang telah dikemukakan dalam rumusan masalah.
C.
Kerangka Berfikir
Kerangka berfikir berisi tentang bagaimana penulis mengaitkan antara teori dan penelitian terdahulu dengan penelitian yang akan dilakukan. Peneliti mengungkapkan prosedur tentang tindakan yang akan dilakukan.
D.
Hipotesis Tindakan
Hipotesis adalah dugaan sementara dari peneliti tentang keberhasilan tindakan pada penelitiann tersebut.
Hipotesis adalah dugaan sementara dari peneliti tentang keberhasilan tindakan pada penelitiann tersebut.
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Jenis
Penelitian
Jenis penelitian diisi dengan jenis penelitian yang diambil dalam mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas.
Jenis penelitian diisi dengan jenis penelitian yang diambil dalam mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas.
B. Setting
Penelitian
Setting penelitian diisi dengan latar tempat dan waktu penelitian.
Setting penelitian diisi dengan latar tempat dan waktu penelitian.
C. Teknik
Pengumpulan Data
1. Instrumen
Pengamatan
Diisi dengan instrumen pengamatan
Diisi dengan instrumen pengamatan
2. Instrumen
Tes
Diisi dengan instrumen tes yang akan diberikan jika menggunakan penilaian tes. Jika penilaian dilakukan dengan rubrik penilaian, guru harus membuat kriteria penilaian.
Diisi dengan instrumen tes yang akan diberikan jika menggunakan penilaian tes. Jika penilaian dilakukan dengan rubrik penilaian, guru harus membuat kriteria penilaian.
D. Teknik
Analisis Data
Diisi dengan teknik analisis data (lihat sumber referensi)
Diisi dengan teknik analisis data (lihat sumber referensi)
E. Prosedur
Penelitian
Tergantung jenis penelitian.
Tergantung jenis penelitian.
F. Indikator
Keberhasilan
Tolok ukur keberhasilan penelitian (disesuaikan dengan rumusan masalah)
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi
Pra Siklus
Mendeskripsikan prasiklus.
B. Deskripsi
Siklus I
Mendeskripsikan siklus I
C. Deskripsi
Siklus II
Mendeskripsikan siklus II.
D. Pembahasan
Pembahasan hasil masing-masing siklus, dan diukur tingkat keberhasilannya. Pembahasan dapat menguatkan teori terdahulu atau merumuskan teori baru.
BAB V
PENUTUP
A. Simpulan
Simpulan berisi tentang tulisan dari simpulan tentang variabel yang kita teliti (sesuai rumusan masalah)
B. Saran
Saran berisi masukan kepada para pihak yang berkaitan dengan penelitian ini, Saran harus sejalan dengan manfaat penelitian.
Saran berisi masukan kepada para pihak yang berkaitan dengan penelitian ini, Saran harus sejalan dengan manfaat penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka berisi semua literatur yang kita rujuk. Penulisan daftar pustaka lazimnya menurut APA (American Psychological Association)
No comments:
Post a Comment